Friday 18 September 2015

Memecahkan Quiz Catur di Lampung Fair 2015

Catur adalah permainan asah otak yang menyenangkan, gw baru saja mendatangi Lampung Fair 2015. Ada Quiz Catur yang membuat gw tertantang untuk menyelesaikannya, peraturannya Catur Putih harus memenangkan permainan dalam 3 langkah. Biaya dalam sekali permainan adalah 10rb Rupiah, jika Catur Putih berhasil memenangkan permainan maka pemenang akan mendapatkan hadiah Rokok 3 Bungkus dan 1 Buah Korek.

Gw mikir dan menerka-nerka bagaimana caranya mematikan Raja Hitam dalam 3 langkah, Catur Hitam hanya memiliki 2 bidak. Raja Hitam dan Peluncur Putih. Raja Hitam sudah dalam posisi sangat terancam, bila pemain Catur Putih salah satu langkah maka Raja Hitam tidak bisa bergerak atau Remis. Jangan sampai itu terjadi, gw mencoba permainan setelah merasa mendapatkan jawabannya. Gw bayar 10rb dengan memajukan Kuda Putih terlebih dahulu agar kondisi Raja Hitam makin terancam.

Pemain Catur Hitam memajukan Peluncur Putihnya kedepan benteng, ketika Pemain Catur Hitam memajukan Peluncur Putihnya kedepan benteng gw baru menyadari bahwa Raja Hitam masih bisa jalan bersembunyi dibelakang Peluncur Putihnya. Sebuah kesalahan, dalam sebuah permainan catur jika terjadi kesalahan meskipun hanya 1 langkah. Bisa menjadi boomerang buat yang melakukan kesalahan, untuk langkah kedua dan ketiga akan percuma jika diteruskan.

Gw mengancam Raja Hitam dengan memajukan Benteng kedepan, seperti dugaan Raja Hitam bersembunyi dibelakang Peluncur Putihnya yang membuat Raja Hitam memiliki langkah selanjutnya untuk tetap bisa kabur. Langkah ketiga akan sia-sia bila dijalankan, gw gagal dan kembali memikirkan caranya. Gw foto quiz catur yang gw ikuti agar bisa gw selesaikan dirumah.

Posisi Asli Quiz Catur di Lampung Fair 2015


Posisi Replika di Rumah Gw :D


LANGKAH 1 PUTIH
(Menteri Putih Mundur Kebelakang)


LANGKAH 1 HITAM
(Peluncur Hitam Maju Kedepan Benteng Putih)


LANGKAH 2 PUTIH
(Menteri Putih Maju Kedepan Kanan Mengancam
Raja, SKAK)

Ada 2 Kemungkinan Bagi Pemain Catur Hitam
untuk Menjalankan Bidaknya Dalam Posisi 
Terkena SKAK.

#KEMUNGKINAN 1
Raja Hitam Bersembunyi
Dibelakang Peluncur Hitam
#KEMUNGKINAN 2
Peluncur Hitam Memakan 
Menteri Putih yang Melakukan SKAK


#KEMUNGKINAN 1
LANGKAH 2 HITAM
Raja Hitam Bersembunyi
Dibelakang Peluncur Hitam


#KEMUNGKINAN 1
LANGKAH 3 PUTIH
(Benteng Putih Memakan Peluncur Hitam 
Didepannya, SKAK MAT)

Dapat Rokok 3 Bungkus :p


#KEMUNGKINAN 2
LANGKAH 2 HITAM
(Peluncur Hitam Memakan 
Menteri Putih yang Melakukan SKAK)


#KEMUNGKINAN 2
LANGKAH 3 PUTIH
(Benteng Putih Pindah Kedepan
Raja Hitam, SKAK MAT)

Dapat Rokok 3 Bungkus :p



Penyelesaian Quiz Catur yang gw lakukan adalah analisa gw sendiri, kemungkinan bahwa penyelesaian quiz catur yang gw lakukan benar ada pada pembuat quiz catur itu sendiri tapi ini adalah langkah terbaik yang gw ketahui dan sangat mematikan.

No comments:

Post a Comment