Friday 20 July 2012

Ke Pasar Gede Bage


Ini adalah cerita pengalaman pertama kalinya gua akan ke Pasar Gede Bage (Pasar Barang Bekas yang terletak di Kota Bandung). Ceritanya sebentar lagi gua akan menjadi pembicara di sebuah pelatihan yang gua adain bersama pacar, oleh karena itu penampilan gua juga saat pelatihan nanti harus dirubah agar tampak lebih dewasa. Sebelum berangkat ke pasar gede bage yang letaknya gua belum tau ini , pacar ngajak ke Plaza Parahyangan. “Yuk kita liat-liat di Plaza Parahyangan dulu”, kata pacar.  

Saat itu pacar yang jadi guide gua di Plaza Parahyangan ini, karena dia yang jauh tau lebih banyak tentang lokasi-lokasi pembelian pakaian yang murah dan bagus. Hingga kita tiba di Toko Uni, entah kenapa untuk urusan pakaian, baju, dan sandal majoritas penjualnya adalah orang padang kalau tokonya terletak disebuah plaza atau setengah pasar setengah mall kaya gini. Disana kita lihat baju kemeja, gua minta kemeja yang warna hitam biar kelihatannya nanti saat dipake menjadi lebih elegan.

Setelah dapet satu buah kemeja panjang bewarna hitam yang elegan sekarang giliran kita untuk mencari celana panjang yang rencananya akan bewarna hitam juga, untuk celana panjang ini gua bilang sama pacar bahwa gua pengen nyarinya gak disini melainkan di Pasar Gede Bage. Jadi berangkatlah kita dari Plaza Parahyangan yang letaknya ada dipusat kota Bandung ke Pasar Gede Bage yang letaknya hampir kearah ujung berung.

Diperjalanan gua sempet bingung kemana arah untuk ke pasar gede bage ini, menurut orang yang gua tanya dijalan tadi lokasi gede bage adalah saat ketemu lampu merah gua harus belok kanan dan dengan PD nya setelah ketemu lampu merah gua langsung belok kanan sesuai saran orang yang ditanyain tadi. Biar nantinya kalaupun gua nyasar gak terlalu jauh lebih baik dan aman gua minggirin motor dan nyuruh pacar turun untuk nanyain lokasi Pasar Gede Bage sama bapak-bapak yang sepertinya sedang jaga disitu, gak tau jagain apaan hhe.

Setelah pacar turun dan nanyain lokasi Pasar Gede Bagenya ternyata saat lampu merah tadi seharusnya gua tetep lurus karena sebentar lagi akan nyampe, jadi bapaknya nyuruh kita agar muter balik dan nunggu dilampu merah lagi setelah lampu merah ini baru deh belok kanan yang artinya kalau dari arah gua tadi gua tinggal lurus aja. O iya Ini lah salah satu kekurangan perempuan, bukan perempuan tapi pacar gua sepertinya. Kalau pacar gua disuruh nanya arah gitu sama orang, dia nganggukin kepala aja.

Bertanya dengan tidak maksimal dapat menyebabkan kita tersesat dijalan, kalau tersesat dijalan perjalanan akan lebih jauh. Berhubung gua udah tau tipikal pacar yang seperti itu, jadi pas dijelasin sama bapaknya tadi gua juga ikut mendengarkan dan kalau ada yang kurang jelas gua langsung bertanya serta terakhir gua ulangin lagi informasi yang dikasih bapak itu agar gua sudah hapal informasinya.

Gak jauh dari lampu merah kita belok kanan dan akhirnya ketemu pasarnya disebelah kiri, syukur deh pertama sebelum masuk kita diberhentiin sama penjaga yang ada disitu. Dimintain uang masuk 1rb (baca : seribu), setelah selesai urusan penjagaan itu gua mulai memasuki pasarnya. Pas masukin pasarnya gua amat sangat menikmati pemandangan pasarnya yang ternyata terlihat seperti pasar yang menjual kebutuhan pokok, pikir gua ini mana pasar gede bage yang katanya jual pakaian-pakaian second.

Apa gua salah masuk pasar tah, gua terus lurus bawa motor dan akhirnya mulai terlihatlah disisi sebelah kiri orang yang jualan Jaket Jean bekas, ada juga yang jual celana, dan macam-macam. Gua bilang sama pacar bahwa tempat yang akan kita tuju saat itu adalah cimol, gua tau cimol berdasarkan informasi yang gua dapat waktu lagi ngenet dikosan. CImol adalah plazanya gede bage, sama-sama jual barang bekas dan bedanya kalau belanja dicimol kita gak kena panas yang waktu itu di Bandung cuacanya lumayan panas.

Setelah motornya mentok akhirnya ketemu juga cimolnya, cimol lebih mirip seperti Bambu Kuning kalau dilampung atau Pasar Baru 2 nya bandung. Gua langsung parkirin motor di tempat Parkirnya cimol dan Kita masuk kedalamnya, ini adalah pertama kalinya gua ke gede bage. Dan apa yang terjadi gua keabisan napas, rata-rata pakaian yang dijual disini adalah barang second dan gua gak kuat ngirup oksigennya. Gua gak dapet oksigen disana, asem banget didalem cimol.

Walaupun asem tapi gak mengurungkan niat gua untuk membeli celana panjang bewarna hitam hingga tibalah kita disebuah toko yang khusus menjual celana panjang, untungnya bukan orang padang yang menjual. Gua mulai memilh celana panjangnya, tujuan gua memang mencari celana panjang yang warnanya hitam. Setelah dapet celananya gua gak sempet ngukur karena takut infeksi, gua bilang cocok-cocok aja sama abang yang jaganya.

Sekarang saatnya tawar menawar harga, bisa dibilang kalau dalam tawar menawar harga gua lebih jago daripada pacar. Karena kalau pacar yang ngomong contohnya begini, misalkan harga celananya waktu itu 80rb ya. Pacar gua bilang, “60rb aja ya anak kos nih anak kos”, dan menurut gua itu penjual nggak akan peduli meskipun kita anak kos karena mereka juga ngekos dan jualan disini buat cari untung.

Dan giliran gua yang nawar misalkan harganya 80rb, gua ngomong dengan tegas dan PD “40rb ya, mau gak ?”. Dan gua menunjukan muka serius ala marketing handal, dan penjualnya setuju. Yah, bisa dibilang kalau urusan tawar menawar gua lebih jago daripada pacar haha. Akhirnya gua beli celana panjang hitam itu dengan harga 45rb, dan setelah keluar dari toko itu kita keliling-keliling dalam gede bage lagi untuk melihat kebutuhan apalagi yang gua cari. Oh iya dasi, pikir gua.

Setelah selesai membeli celana kita meneruskan perjalanan didalam pasar gede bage untuk mencari dasi dan ketemulah satu toko yang dijaga oleh seorang bapak-bapak berperawakan arab, didalamnya dia menjual banyak sekali tipe jas dan juga disitu dia menjual dasi. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dasi kita nyari terlebih dahulu tipe dasi seperti apa yang cocok untuk gua pakai saat pelatihan nanti, sebenernya gua mau beli dasi yang agak rame biar seru tuh hhe.

Tapi pacar malah milihin gua dasi warna merah polos dengan bentuk yang agak ramping, jadi menurut pacar gua saat itu gini “Kan baju sama celananya hitam tuh jadi seru kan kalau dasinya warna merah”. Yah, gua pikir kalau gitu mah udah biasa. Udah sering dipake sama orang stylenya tapi entah kenapa malah dasi warna merah itu yang gua beli, haha. Setelah selesai beli semua perlengkapan, selesai juga lah perjalanan gua di pasar gede bage yang lumayan bau asem itu.

Bukan lumayan tapi sangat bau asem sekali, tapi itu adalah pengalaman pertama gua ke pasar gede bage dan untungnya dipasar ini kita bisa dapet barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan beli ditempat lain.

No comments:

Post a Comment