Friday 20 July 2012

Lomba Renang

Saat itu dikampus sedang sibuk-sibuknya ada acara Olymp, Olymp adalah acara tahunan yang diadain oleh Koperasi Mahasiswa IT Telkom. Banyak pilihan lomba yang bisa diikutin, salah satunya adalah lomba renang. Siang itu gua sedang jalan menuju kelas bersama teman gua Ary, Irpan, dan yang lainnya. Tiba-tiba pas gua ngelewatin Aula Gedung B (baca : ditengah kampus) ada segerombolan anak-anak yang sedang ngumpul disitu, lebih tepatnya lagi bisa dibilang panitia.

Mereka ngumpul disitu untuk menyediakan informasi sekaligus tempat pendaftaran bagi anak-anak yang mau ikut lomba, pas gua perhatiin gambarnya 1 persatu gak taunya disitu ada lomba renang. Gua langsung kegirangan karena selama ini gua pengen banget bisa ikut lomba renang dan saat itu juga gua langsung mendaftar, sebenernya ada beberapa pilihan dalam lomba renangnya (baca : kategori).

Bisa daftar untuk perorangan dan bisa juga yang ganda, gaya renangnya juga ada dua pilihan, ada gaya bebas dan gaya dada. Pastinya dipisah antara cewek dan cowok, dan untuk yang pasangan atau ganda pilihannya adalah lomba renang estafet. Setelah mendaftar dan ngasih nomor telepon sekarang tinggal saatnya menunggu sms selanjutnya, berhubung saat itu di kampus IT Telkom sebentar lagi mau ada UTS jadi lomba renangnya diadain setelah UTS. Cukup lama juga nunggunya bisa bikin otak pegel, dengkul juga pegel.

Setelah UTS selesai sms pun mulai dapat, kalau gak salah gini bunyinya, “Salam olahraga, TM lomba renang akan diadakan pada tanggal xx-xx-xx jam xx-xx, diharapkan semua peserta berkumpul tepat waktu”. Ok, sekarang saatnya untuk gua latihan ekstra keras karena lomba renangnya akan diadakan sebentar lagi. Dengan siaganya gua mencari kolam berenang terdekat dikampus, kampus gua alamatnya didaerah Dayeuh Kolot dan kolam berenang yang paling dekat dengan kampus gua letaknya adalah di Baleendah.

Sebelum ke kolam berenangnya gua sempetin diri dulu ke toko olahraga beli peralatan renang berupa kacamata renang dan celana renang, pas ditotal-total habisnya sekitar 100rb dan setelah gua pake beberapa kali ternyata kacamata renangnya palsu, langsung copot karetnya, tapi celana renangnya masih tetep awet. Di toko itu gua juga nanyain tentang lokasi kolam berenang yang ada di Baleendah karena sebelumnya gua belum pernah kesana dan kokoh yang punya tokonya bilang kalau kolam berenang di baleendah ada 2.

“Lu tinggal lurus aja ambil jalur yang jangan lewat pom bensin, ntar lu nemu kolam berenang disitu.”, kata kokohnya. Lalu tanya gua, “Kalau dari pasar sebelumnya ya Koh ?”. Kata kokohnya, “Kalau dari pasar lu terus aja, nanti lu ketemu kolam berenang disebelah kiri dan satu lagi disebelah kanan, jaraknya gak terlalu jauh la”. “Ok”, kata gua siap laksanakan.

Setelah tau informasinya sekarang waktunya gua untuk latihan renang, haha pikir gua gak perlu latihan renang aja udah jago apalagi kalau gua latihan renang bisa pada malu semua kalian, ok siap-siap menerima kekalahan kalian semua, pikir gua histeris. Gua terus jalan mengendarai motor dan setelah pasar akhirnya ketemu 1 kolam berenang disebelah kiri, begitu masuk ke parkirannya kolam berenangnya keliatan dari luar.

Pas gua liat dari luar ini kenapa kolam berenangnya yang datang banyak anak kecilnya, oh pikir gua gak mungkin disini, kayanya bukan disini ni akan diadain kompetisi renangnya. Biar lebih meyakinkan gua nanya sama mbak kasirnya, “Mbak, disini mau diadain lomba renang dari IT Telkom ya ?”, tanya gua. “Oh, belum tau itu soalnya belum ada yang ngomong”, kata mbaknya yang pakai jilbab itu.

Ok pikir gua, kayanya memang bukan disini tempatnya dan gak mungkin kalau disini tempatnya karena pas gua liat disini lebih banyak anak kecil yang datang daripada orang dewasa apalagi didalemnya ada perosotan yang lumayan panjang. Masa anak-anak yang mau lomba renang disuruh main perosotan dulu, sekarang waktunya gua menuju kolam berenang yang kedua. Kolam berenang yang kedua letaknya gak jauh dari kolam berenang yang pertama, hanya aja kolam berenang yang kedua ini tempatnya lebih gak layak dari kolam berenang yang pertama.

Gua masuk dan parkirin motor disitu, gua ngeliat tukang parkirnya sedang enak tidur gua pelan-pelan standarin motor biar gak ganggu tidurnya si tukang parkir tapi tukang parkirnya tetep aja bangun. “Permisi”, kata gua kepada bapak tukang parkirnya yang saat itu terbangun. Dia langsung senyum-senyum dan gak tau ngomong apa saat itu, kayanya masih kebawa mimpi. Setelah selesai urusan parkir memarkirkan motor gua langsung masuk kedalam kolam berenangnya, gua ngeliat disitu sangat sepi sepi sekali.

Gua permisi sama mbaknya untuk ngeliat kolam berenangnya, “Boleh saya masuk untuk ngeliat kolam berenangnya ?” kata gua kepada mbaknya. “Bolehnya ngeliat dari sini aja”, kata mbaknya yang ngejutekin. Saat itu bener-bener belum ada satu orang pun yang datang, tapi keliatan dari luar kalau kolam berenangnya ada tempat penomoran yang artinya disinilah tempat akan diadain lombanya tapi keliatan dari luar airnya sangat hijau sekali, bisa dibilang hampir seperti green canyon walaupun gua belum pernah kesana.

Terus gua bilang sama mbaknya, “Mbak itu airnya nggak rabieskan ?”. Kata mbaknya, “Oh, itu lantainya aja kok yang warnanya hijau”. Buset pikir gua lantai kolam berenang kan warna dasarnya dimana-mana biru, kalau sekarang warnanya hijau udah berapa lama nih kolam berenang nggak keurus. Ok, biarpun begitu gua tetep masuk ke kolam berenangnya guna persiapan gua buat latihan.

Gua tanya ke mbaknya berapa harga masuknya, harga masuknya 10rb kata mbaknya. Buset ini sungguh gak layak dihargai 10rb karena dengan harga 3rb aja sebenernya gua masih mikir-mikir. Di Lampung malah ada kolam berenang yang masuknya hanya 5rb tapi airnya lumayan bagus dan juga ada tempat loncatannya, jadi kalau bosen hidup tinggal loncat dari atas, bukan maksud ngebanding-bandingin nih.

Setelah selesai pembayaran dan mendapatkan karcis gua masuk ke kolam berenangnya melalui mbak yang jutek itu, gua masuk dan liat sekeliling kolamnya, ini kenapa kolamnya sepi sekali tapi gak papa buat latihan dan buat mengajarkan arti pengorbanan kepada peserta-peserta renang yang lain. Gua gak milih untuk berenang di air yang warna hijau itu, gua lebih milih untuk berenang di air yang lebih dangkal karena warnanya biru.

Gua gak percaya walaupun disitu lantainya yang hijau, karena pasti airnya juga hijau. Sebelum berenang gua pemanasan dang anti baju dulu, lebih tepat dibilang ganti celana. Gua sambil nyobain celana renang yang baru aja gua beli, ternyata pas, pas sempitnya. Tapi memang rata-rata celana renang sempit seperti ini, setelah selesai pakai celana renangnya gua langsung pemanasan dan setelah pemanasan gua langsung menjeburkan diri kekolam. Udah lama sekali gua gak renang, terakhir gua renang pas gua masih hoby ngegym dulu.

Dikolam berenang gua langsung mempraktekan gaya yang gua dapet pas ngeliat tutorial youtube di kosan, cara menggerakan tangannya, cara ngambil napasnya. Asli saat itu napas gua amat sangat pendek sekali karna udah lama banget gak renang dan passive olahraga jadinya napas gua berubah jadi napas pendek, ditambah akhir-akhir ini gua sering makan-makanan yang gak bagus. Wah, gimana nih untuk di lomba renang nanti kalau napas gua segini-segini aja pikir gua.

Ya ga papa deh, yang penting kan gua udah berusaha, gua udah latihan. Gua gak lama berenang disitu karena kedinginan, gak lama kemudian gua naik dari kolam berenang dan minta air mineral botol sama mbaknya. Lalu sama mbaknya yang jutek langsung bilang, mau dibayar sekarang. Nanti aja ya mbak habis selesai berenang kata gua sabar, setelah beli air mineral dan dapet tenaga lagi. Gua jebur kekolam lagi, ini adalah peristiwa yang sering terjadi.

Ketika kita udah naik dari kolam kita istirahat untuk beberapa saat, mau makan, mau minum, ataupun gak ngapa-ngapain, dan setelah kita jebur lagi kekolam untuk yang kedua kalinya pasti rasanya lebih dingin hhe. Itu teori gua, wkwk tapi kalau gak percaya coba deh alamin sendiri. Untuk yang kedua kalinya ini gua berenang gak lama karena udah kedinginan jadi habis berenang sebentar gua langsung naik lagi keatas. Buru-buru salin karena waktu itu hari sudah sore dan tampaknya sebentar lagi akan hujan, gua masuk ke ruang salinnya dan buset disini gak ada tempat bilasan yang berupa shower, adanya berupa bak gitu, ah ogah ah kalau dari bak begini tar bekas-bekas orang lagi.

Jadi saat itu gua gak bilasan, gua langsung handukin badan gua pakai baju yang sebelumnya gua pake, setelah itu gua pakai baju salinan dan setelah salin gua langsung keluar dari ruang ganti menuju kasir. Gak lupa untuk bayar air mineral botol tadi, setelah itu gak beberapa lama kemudian mbak kasirnya ngomong, untung yang ngomong bukan mbak yang jutek itu tapi mbak yang satunya lagi, kalau mbak yang ini lumayan ramah dan suka senyum, kebetulan yang jutek pas itu sedang nyapu. Mbak yang lumayan ramah ini bilang ke gua, “Eh mas mau sekalian bayar parkir”. Gua balik badan dan bilang dengan lugunya, “Oh, bayar parkir juga ya, iya deh sekalian aja”. Sambil ngasihin uang seribu lagi.

Setelah selesai urusan bayar parkirnya sekarang gua keparkiran untuk ngeluarin motor, saat hendak mengeluarkan motor mbak yang jutek itu nungguin gua dibelakang dan dia lagi megang karcis parkir yang harus gua bayar seribu. Dengan lugu tapi dalem gua menjawab, “Udah mbak tadi didalem sama mbak yang satunya, tanyain aja”. Mbak jutek itu langsung pergi dengan tatapan kosong, dan gua langsung keluar dari kolam berenang itu.

Hari demi hari berlalu hingga tiba saatnya 2 hari sebelum lomba renang akan dilaksanakan, lomba renang akan dilaksanakan pada hari minggu. Jadi di tulisan yang lu baca ini sekarang sedang hari sabtu, gua mikir bahwa di saat gua buka baju dikolam berenang nanti gua gak boleh keliatan bahwa perut gua buncit soalnya gua sekarang udah jarang banget ngegym apalagi lari, oleh karena itu di hari sabtu ini tepatnya sore-sore kalau gak salah gua berangkat ngegym ke tempat biasa. BBC dengan instruktur terhat Aa Ipin.

Pas masuk ke BBC Gym gua ketemu sama teman kampus yang sama-sama punya hoby wirausaha, namanya Putra. Putra udah pernah buka usaha angkringan dan juga susu, tapi nasibnya sama kaya gua, usahanya berhenti ditengah jalan karena kita sama-sama masih kuliah. Gak banyak orang yang sampai saat ini berhasil dan tetap focus pada satu usaha, dikarenakan benar-benar harus sabar. Putra bilang saat itu bahwa saat itu dihari sabtu itu, itu adalah pertama kalinya dia ngegym.

Gua tanyain ke Putra, “Mulai ngegym nih ya sekarang” sambil ketawa cengengesan gua. “Iya nih disuruh bokap” katanya, “Lagian adek gua juga udah biasa ngegym, badannya bagus”, katanya. Ok gua hanya bisa senyum-senyum aja saat itu, gua ngejelasin bahwa besok ada lomba renang, yang ikut lomba ya anak-anak Telkom juga. “Oh gitu”, kata dia kaget karena dia gak tau tentang kabarnya. Saat itu gua ngegym gak terlalu lama, gua latihan dibagian-bagian yang penting aja karena takut nanti badan gua malah pegel-pegel dan keesokan harinya pas lomba renang gua malah kelelep.

Setelah selesai latihan gua dapet sms katanya malam ini malam 2 sebelum hari H ada Teknikal Meeting tentang lomba renangnya, Teknikal Meeting kalau nggak salah diadain di Lantai 2 GSG jam 7 malam. Sore sebelum Teknikal Meeting dimulai gua sedang asik dikosan nonton Film sambil nunggu Teknikal Meeting dimulai, gua menunggu dan setelah shalat maghrib ternyata sore itu hujan dan hujannya makin menjadi-jadi.

Terus gua sms in panitianya bahwa gua akan datang telat karena hujannya saat itu lumayan deras, gua pikir-pikir lagi kalau hujan deras begini gua gak yakin bahwa yang ikut Teknikal Meeting banyak paling cuman segelintir orang yang rajin aja, pikir gua. Dan akhirnya gua memilih untuk gak dateng ke Teknikal Meeting dan lebih memilih untuk ngeliat hasil Teknikal Meetingnya aja besok pagi di GSG Lantai 2 karena saat itu hujannya makin ganas, nggak berhenti-berhenti juga.

Keesokan paginya sebelum berangkat kekampus gua berjalan menuju GSG lantai 2 untuk melihat hasil TM, begitu udah ketemu standnya disitu sepi gak ada yang jaga jadi gua masuk nyelonong aja padahal di bawah ada tulisannya ‘alas kaki silahkan dicopot’, tapi karena gua pakai sepatu dan males nyopot-nyopotnya jadi tetep gua pake aja berasa gua adalah bosnya disitu haha.

Gua lihat hasil TM renang yang ditempel didinding, gua perhatiin ternyata yang ikut lomba renang ini ada banyak untuk yang gaya bebas aja lomba renang yang gua pilih ada sekitar 25 orang yang ikut termasuk diri gua sendiri. Gua juga baca bahwa harus diperhatikan tempat lomba kolam berenangnya adalah di Tega Lega dan jam 7 pagi semua peserta harus sudah datang. Gile ternyata gua salah alamat jangan-jangan gua dikasih alamat palsu sama ayu ting-ting, ternyata tempat diadain lomba renangnya bukan di Baleendah melainkan di Tega Lega. Aih santai pikir gua, dimanapun tempat renangnya gua bakal optimis menang, huh pikir gua PD.

Ok, Hari H lomba renangpun tiba. Gua minta temenin pacar untuk kesana, sebelumnya gua sama sekali belum tau dimana tempat kolam berenangnya. Gua sms panitianya dan dia bilang tempatnya deket lapangan Tega Lega, ok gua menuju kesana lewat jalan BKR kalau gak salah, kalau salah minta maap yak. Pas udah dilampu merah gua baru inget kalau sebelumnya gua pernah kesana sama temen ngegym gua sebut saja Affan.

Biasanya gua sama Affan suka berenang di Sabuga setiap hari minggu tapi karena hari minggu itu di Sabuga sedang ada kompetisi renang jadinya Affan ngajak gua ke kolam berenang Tega Lega tapi kita juga gak jadi renang saat itu karena Affan bilang kalau di Tega Lega ini airnya Hijau tar gatel-gatel loh. Mampus dah gua, airnya hijau. Mau hijau mau gimanapun airnya kalau gua udah PD berenang gua akan tetap jadi juaranya, haha gua udah makin gak sabar mau mengalahkan itu teman-teman yang lain.

Karena gua udah tau tempatnya jadi kita masuk ke area kolam berenangnya dan begitu masuk gua sempet bingung dimana tempat parkir motornya tapi untungnya ada penjaga yang nunjukin tempat parkirnya, pas udah nyampe gua langsung nelpon panitianya dan bilang kalau peserta yang hebat ini sudah ada didepan kolam, saya siap ditandingin dengan siapapun *PD. Terus panitianya nyuruh gua untuk langsung masuk aja dan untungnya masuknya gak bayar karena gua adalah peserta renang.

Begitu masuk kolam berenang Tega Lega pikiran gua pertama kali adalah kolam berenang ini mirip dengan kolam berenang Kampus Unila yang ada dilampung, hampir mirip tapi airnya keliatan lebih hijau tapi gak papa berhubung saat itu kolam berenangnya udah di booking sama anak Olymp jadi gua pikir air kolamnya masih steril. Gak beberapa lama kemudian pas gua ganti baju lebih tepatnya memakai celana renang, ada suara yang manggil gua dari atas.

Ternyata itu adalah Anrio, teman PDKT gua dulu. Untungnya gua ada teman disitu jadi bisa sambil ngobrol, Anrio ikutan lomba renang yang estafet, dia dateng berdua sama temennya. Gak beberapa lama kemudian gua ngeliat dari panitia yang dateng ada temen sekelas gua namanya Echi, gua panggil dia, oh ternyata dia ikut panitia Olymp juga pikir gua sotoy. Gak lama lagi ada temen Lab gua Jojo yang dateng sebagai Panitia juga.

Wah, gua makin menjadi-jadi gua harus nunjukin performance terbaik gua didepan temen-temen gua. Gak seberapa lama lagi panitia nyuruh kita untuk ngelakuin pemanasan, ok gua buka baju gua dan mulai ngelakuin pemanasan. Setelah pemanasan panitia nyuruh kita untuk turun ke kolam berenangnya dan nyobain airnya, kalau mau main band istilahhnya ‘check sound’, kalau ini ‘check water’, haha. Setelah puas nyobain air kolamnya tapi gak baik untuk diminum dan gua sempet kencing disitu, mampus loh air kolamnya udah gua kencingin panuan semua kalian.

Kemudian panitian menyuruh kita berkumpul dan ngabsen nama kita satu persatu sambil nyebutin dapet urutan nomer berapa kita, saat itu gua dapet urutan nomer 3 yang artinya gua bisa mempelajari teknik lawan dulu sebelum nanti lolos ke final. Kesalahan paling vatal, saat itu gua pakai kacamata renang yang sangat nggak bagus sekali, gak cocok banget kalau mau dipakai buat lomba. Gua ngeliat strategi mereka, o iya setiap urutan dibagi atas 5 orang. Jadi satu urutan ada 5 orang yang tanding, dan dari 5 itu hanya diambil 1 orang tercepat.

Urutan 1 dan urutan 2 selesai, hingga nama gua dipanggil. Waktu urutan gua, hanya ada 4 orang yang tanding termasuk gua, 1 orangnya lagi gak dateng jadinya di diskualifikasi. Panitia yang tak lain adalah temen gua sendiri jojo niup peluit pertamanya yang artinya kita harus naik ke atas tempat loncatan, gua deg-degan saat itu, gua pakai kacamata gua, jojo niup peluit kedua yang artinya kita harus bersiap-siap dengan gaya ingin loncat, dan jojo niup peluit ketiga yang artinya kita semua harus loncat dan gua malah kaget melihat yang lain loncat dan gua udah ketinggalan jauh duluan sama mereka sebelum gua loncat.

Pas peserta lain udah pada loncat gua baru loncat, dan loncatan gua sangat nggak bagus sekali yang nggak membawa gua jauh kedepan. Gua berenang ala perenang kampung dan saat itu gua gak tau gimana caranya teknik ngambil pernapasan, gua masih pakai gaya perenang kampung gua untuk ngambil napas, dan, dan gua mulai kehabisan napas. Dan ditengah-tengah kolam gua udah gak kuat lagi, gua ngeliat peserta yang lain udah pada nyampe sedangkan gua malah ngegojay ditengah kolam.

Ditengahh-tengah kolam gua ganti gaya jadi gaya kupu-kupu dan setelah bener-bener gak kuat gua jalan dikolam sambil pura-pura keabisan napas, ditengah-tengah kolam gua ganti gaya yang artinya gua didiskualifikasi. Kasian bener harus didiskualifikasi dan menerima kekalahan yang pahit ini, ya gua kalah. Gua gak bisa nunjukin ke temen-temen gua bahwa sebenernya gua jago berenang, pokoknya tunggu aja tahun depan ditempat yang sama gua akan berlatih keras untuk ngalahin lu lu pada.

Ini adalah pengalaman pertama kalinya gua ikut lomba renang, kalau gua kalah ya jadi wajar lah masih pemula *Alibi. Tahun depan gua yakin bisa lebih baik lagi apalagi gua udah tau cara renang yang baik itu gimana, setelah selesai lomba renang dan tau gua kalah gua langsung-langsung minta tas gua sama pacar untuk salin. Gua langsung salin dan minta izin sama panitia untuk pulang, gua gak kuat nahan kekalahan.

Sebelum balik kekosan masing-masing siang itu gua ngajakin pacar ke Tugu Bandung Lautan Api, hehe rasa kesakitan gua terobati setelah melihat Tugu Bandung Lautan Api itu. Ok, itu pengalaman gua pertama kali mengikuti lomba renang, jadi kalau ada lu lu yang merasa jago renang silahkan hubungi gua, gua siap menerima tantangan lu kapanpun dan dimana pun.

No comments:

Post a Comment