Friday 20 July 2012

Yudis Kehilangan Dompet


Jadi ceritanya suatu sore ketika gua pulang dari Batam Center abis pasang iklan dikoran Batam Pos, gua n yudis (temen sekamar gua) berencana untuk berenang. Kita juga ngajakin rombongan anak-anak Geladi Telkom yang dari Arnet, total dari mereka ada 7 orang. Tapi sepertinya respon mereka negative karena alesan beberapa hari yang lalu mereka baru aja berenang.

Akhirnya gua n yudis memutuskan untuk berangkat sekarang, kita siap-siap dulu sebelumnya. Persiapkan handuk, celana pendek buat berenang. Dan waktu dikamar mandi yudis ngingetin gua untuk bawa plastic, gunanya buat pakaian basah. Setelah semuanya siap kita berangkat naik motor, gua nunjukin yudis jalannya. Tapi kayanya yudis kurang paham jalannya daripada salah-salah mending gua yang bawa motornya. Akhirnya ditengah jalan kita tukeran gua jadi yang bawa motor dan yudis jokeynya.

Sesuai petunjuk dari Bang Irwan (tetangga kamar gw) pas ketemu lampu merah langsung belok kanan jalan aja terus, pas ketemu lampu merah gua belok kanan. Biar lebih meyakinkan gua berhentiin motor dan nyuruh yudis tanyain ke Ibu-ibu yang sedang nyapu dipinggir jalan, ternyata seharusnya pas lampu merah tadi gua jalan lurus sedikit lagi baru setelahnya muter balik kea rah kanan. Jadi biar gak muter balik kata ibunya, ibunya nyaranin kita ngambil jalan tanah aja.

Lewatin jalan yang kecil dan gak bagus sama sekali, akhirnya kita nurut apa kata si ibu. Memang bener kawan jalannya gak bagus sama sekali, kebetulan saat itu gw yang sedang bawa motor. Jalanannya tanah bekas ujan, banyak jeglokannya, licin, dan melalui rintangan. Akhirnya gw suruh yudis turun untuk ngurangin beban, setelah jalan yang susah tadi berakhir baru yudis boleh naik lagi.

Gua terus jalan kedepan dan sepertinya gua salah arah, tapi salah arah yang baik. Gua ngeliat kafe bagus ada didepan mata, gua pikir itu kafe yang ada di Malaysia namanya kopi itam. Ternyata setelah si Yudis ngomong, “Elo tau gak kalau Kopi Tiam itu kaya Coffe Townnya Indonesia”. Oh, gua baru ngeh ternyata bacaannya Kopi Tiam bukan Kopi Itam. Haha..

Karena salah jalan jadinya kita muterbalik dikit dan ngambil belokan ke kanan, keliatan bacaannya kolam renangnya Sangrila kalau gak salah. Gua parkirin motor didepan kolam renangnya, kita turun dan keliatan ada anak” cewe yang sedang nongkrong didepan kolam renang. Lagi ngapain mereka, “Mabok-mabokan ya”, atau lagi ngisep ganja. Wah parah anak jaman sekarang.

Tapi keliatannya dari tampang mereka, mereka semua masih SMP jadi gak mungkin kalau mereka ngisep ganja. Ngelewatin gerombolan anak tadi kita masuk ke area kolam renangnya, awalnya gua kira disitu ga ada yang jaga. Pas kita aga masuk lagi, ada bapak” yang nyamperin sambil bilang, “Mau renang ya ?”. “Iya lah pak, masa mau masak-masak”. “Tiket masuknya berapa ?”, kata gua. “15rb”, kata bapaknya. Terus gua nanya lagi, “Tutupnya jam berapa pak ?”. “Jam 7.30 an lah”, kata bapaknya. Pikir gua, wah asik nih jadi gua bisa ngerasain renang di malam hari hhe.

Gua sama yudis udah sepakat untuk berenang disore itu, terus bapaknya nanyain lagi “Kalo disini harus pake celana renang ya, pada bawa celana renang kan ?”. “Wah jelas dong bawa”, kata gua. “Celana Pendek kan !”, tambah gua. “Kalau disini harus pakai celana renang standar kolam”, kata bapaknya. “Yah tapi bawanya celana pendek, ga papa kan”, kata yudis. Bapaknya jelasin lagi, “Kalau disini harus pakai celana renang standar kolam, kalau mau nyewa ada harganya 5rb”.

Yah, pikir gua. Terus gua bilang ke bapaknya, “Bentar ya pak, saya diskusiin dulu sama temen saya”. Ini adalah alasan yang palin oke buat dipake untuk kabur. “Ok”, kata bapaknya. Gua ajak yudis ngobrol kea rah luar dan gua kasih dia pilihan, “Apa kita ke Pantai Tanjung Pinggir aja yud ?”. “Jauh gak ?” kata yudis. “Tempatnya gak jauh kok dari sini, deket”, kata gua. “Ok deh”, kata yudis.

Akhrinya kita sepakat untuk merubah destinasi jadi ke Pantai tanjung Pinggir, tempatnya gak jauh dari keberadaan kita saat itu, cuman 170.792 KM. Hha, bercanda itu tanggal lahir gua. Perjalanan kesana lumayan singkat karena gua udah apal jalannya, di sepanjang perlajalanan gua sengaja pelanin motornya biar gua bisa nunjukin ke Yudis kalau pemandangan sepanjang jalannya bagus banget. Kaya maho ni kita, di sore itu suasananya cerah ga menunjukan akan adanya ujan. Tapi Yudis bilang kalau disana, disana na lagi ada ujan. Wah udah kaya pawang ujan si Yudis. Ok deh, kalo gitu ujannya pasti bentar lagi akan kesini pikir gua jadi kita gak boleh lama-lama di pantai.

Akhirnya sampai didepan Pantai Tanjung Pinggir, kita langsung distop sama penjaganya dan sodorin karcis seharga 5rb untuk satu motor, gua minta Yudis untuk handle tiket pembayaran masuknya dulu. Yudis kelamaan ngeluarin dompetnya. Kata gua, “Ada gak yud, pake uang gua dulu aja deh, bentar ya pak”. Gua keluarin uang 50rb an dari dompet dan dikembaliin dengan uang 5rb an yang berjumlah 9 dari tangan penjaganya, aseem, gua dapet kembalian semuanya uang 5rb an.

Pantainya mulai keliatan dan gua pilih tempat parker yang deket pantai biar gua bisa puas main dipantai, pertama kali turun gua minta tolong sama ibu-ibu yang ada disitu untuk fotoin gua n yudis. Gua ajarin ibunya cara pake kameranya, dan hasil fotonya sungguh luar biasa bagus.

Setelah itu, gua liatin yudis jalan sendirian dipinggir pantai ngumpulin kerang n nyari umang-umang. Ga taunya si Yudis bisa bawa pulang satu umang-umang yang masih hidup, dia nunjukin umang-umangnya ke gua, langsung gua kasih napas, “WAaaaahhhh” dari mulut gua, maksud gua biar umang-umangnya keluar.

Dan gua duduk dipinggir pantai sambil dengerin music, pas agak sedikit jenuh. Gua lingkarin tas kita berdua dipasir biar keliatan tandanya dan sebenernya gak ngaruh, dan gua lari-lari dipinggir pantai nyeker. Kalau bule lari dipinggir pantai dandanannya rapih précis orang mau olahraga sedangkan gua nyeker ga pake sepatu.
Setelah puas main dipantai dan langit tampaknya mulai menunjukan hujan, kita memutuskan untuk buru-buru pulang. Gua bilang ke Yudis, kalau sore itu gua pengen banget pesen nasi goring dan dimakan dikamar. “Oke”, kata yudis. Kita berhenti di rumah makan yang menyediakan nasi goreng dan akhrinya kita memutuskan untuk makan disitu.

Setelah selesai makan dan bayar nasi gorengnya kita memutuskan untuk pulang, lagi-lagi yudis pinjem uang gua dan dia bilang akan diganti nanti dikosan karena dia lupa bawa dompetnya. Saat itu suasananya masih gerimis dan gua memilih untuk ngebut biar cepet nyampe rusun dan gak kebasahan.

Sesampainya dirusun seperti biasa kita harus naik tangga 4 lantai yang setiap hari kita lewatin, berasa fitness dan dijamin kita gak akan gendut kalau tinggal dilantai 4 karena disini gak ada lift. Jadi mau gak mau harus naik turun melewati tangga. Tangga disini ada 5 bagian setiap bloknya, 4 tangga pinggir dan 1 tangga utama yang letaknya ditengah. Gua dan Yudis biasa naik dan turun lewat tangga utama karena lebih aman.

Sebenernya kamar kita ada dipinggir dan seharusnya kia bisa naik dan turun melewati tangga tapi sayangnya tangga disamping kamar kita terlihat kaya udah mau roboh, dan gua yakin kalau yang ngelewatinnya orang gendut atau 10 orang bareng” turun lewat tangga itu pasti tangganya rubuh. Mati semua.

Akhrinya sampai juga dikamar, kita bisa santai-santai karena cuaca saat itu lagi ujan dan kita habis makan. Jadi enak bener rasanya untuk tidur saat itu, lain halnya dengan Yudis. Yudis malah sibuk nyariin dompetnya dimana. Hal pertama yang perlu diketahui dari Yudis bahwa Yudis adalah orang yang gampang panic. Jadi hal pertama yang gua inget waktu itu, adalah expresinya Yudis. “Vid, dompet gua kayanya jatuh deh di Kolam Renang tadi”, kata Yudis lugu. “Wah masa yud, perasaan lu ga bawa dompet pas lu ke kolam renang tadi”. “Mungkin lupa naruh kali lu”, kata gua.

Kita nyari-nyari bareng dikamar, dan gua berusaha untuk tenang mikirin apa aja yang baru dilakuin. Apakah salah Yudis, apakah dosa-dosanya. Yudis tambah tergesa-gesa dan panic, dia mulai nyebutin satu persatu yang ada di dalam dompetnya dan gua udah tau. Karena hampir disetiap dompet orang isinya pasti ada itu, ga lama kemudian Yudis ngajakin gua untuk balik lagi ke kolam renangnya barangkali dompetnya tertinggal di kolam renang tadi. 

Walaupun kita tadi ga renang barangkali dompetnya ketinggalan waktu kita mau bayar.“Ok deh”, kata gua. Gue tambahin lagi, “ coba deh kita ke kamarnya anak-anak arnet lagi sekalian minta bantuan untuk ikut nyariin sama mereka”. Akhirnya kita turun tangga 4 lantai dan menuju kamar anak arnet, gua minta bantuan sama Aril anak arnet untuk ikut nyariin dompetnya sih Yudis. Terus Aril bilang, “Oke, tapi gua shalat dulu ya”.

Kata gua, “Eh gua juga belum shalat ril, bareng-bareng deh sekalian”. Gua mau ngajakin yudis juga untuk shalat bareng-bareng, belum sempet gua ngajak, gua ngeliat ekspresinya yudis berubah jadi murung sambil bilang dengan nada lugu “Ya udah deh gua duluan aja cari dompetnya”. Terus gua bilang ke Aril, “Ril, gua sama Yudis duluan aja deh cari dompetnya”. Aril langsung ga jadi shalat, “Ya udah tunggu bentar gua ganti baju dulu”, kata Aril. Terus si Harry anak arnet juga ikut nemenin untuk nyariin dompetnya.

Gua boncengan sama yudis, aril boncengan sama harry. “Kita menuju kolam berenang sangrila ya”, kata gua. “Oke”, kata mereka bareng-bareng. Baru aja keluar rusun, kita udah beda arah. Gua n Yudis belok kearah kiri, sedangkan mereka belok kearah kanan. Kata mereka, “Emang mau kemana ?”. “Ke sangrila”, kata gua, “tapi lewat sini aja soalnya tadi kita pas berangkat lewat sini”. Akhirnya mereka muterbalikin motor dan ikut kearah yang kita tuju.
Saat itu yudis yang sedang bawa motor, ga seberapa jauh dari rusun ada pertigaan. Karena sangking paniknya yang seharusnya dipertigaan itu belok kanan, yudis belok kiri. Seperti sebelumnya anak-anak yang lain belok kiri kearah jalur yang seharusnya, mereka berhenti dan bilang dengan nada kesal, “Woy, emangnya kalian mau kemana ? Sangrila kan !” . “Iya yud, kata gua” kita salah jalan ni hhe. Trus yudis dengan ekspresi yang kesel juga walaupun dia salah dia bilang dengan nada lugu, “Ya udah deh lu aja yang bawa motornya”. “Oke”, kata gua dengan PD.

Sesampainya dilampu merah kita ngambil belok kanan, gua suruh yudis untuk turun dan tanyain ke Ibu-ibu tadi yang sebelum ke kolam berenang kita nanyain arah kolam berenangnya. Yudis turun tapi dengan gerakan yang lambat, disitu gua ngeliat aril beraksi dan dengan PDnya aril menjelaskan kejadian yang baru saja terjadi. Aril yang saat itu ikut kita pakai kaos oblong warna putih dan gua liat ekspresinya, bener-bener kaya kabayan.

Setelah Aril panjang lebar menjelaskan kepada bapak yang sedang jaga bengkelnya malam itu, bapak penjaga bengkel langsung sibuk nyari pena dan kertas selembaran. Setelah dia dapat pena dan kertasnya, “Ni” kata dia “ Tulisin nama dan nomor teleponnya kalau ada nanti di telepon”. Wew, pikir gua, jelas-jelas pada malam itu dompetnya ga ada disekitar situ. Dalam pikiran gua berpikir atau jangan-jangan bapak ini adalah pelakunya. Ah tapi gak mungkin kayanya bapak itu orang baik-baik.

Setelah selesai bertanya, Aril ingin bilang sesuatu ke Harry. Gua ikut merhatiin karena pikir gua Aril akan ngomong sesuatu yang penting. Aril mulai ngomong, “Ry, lu ada uang serebu kagak tar gua ganti, gua mau jajan”. “Ni ada”, kata Hary dengan polos. “Mau beli apaan lu, emang masih ada yang serebuan”. Aril langsung berjalan dengan langkah yang seperti anak kecil menuju warung yang letaknya tepat disamping bengkel yang tadi kita tanyain tentang keberadan kunci. Dari jauh kedengeran suara Aril yang sedang bilang ke ibu yang jaga, “Bu mau beli keripik (dengan nada polos), ini harganya seribuan kan”. “Iya”, kata Ibunya seperti memberi jawaban ke anak kecil juga.

Gua dari kejauhan cuman bisa ngakak dalam hati walaupun yang dilakuin aril adalah hal yang wajar. Kita melanjutkan perjalanan untuk mencari dompet, Yudis minta gua untuk ngelewatin jalur yang sama yaitu jalur tanah yang jelek brengsek itu lagi. “Iya udah yud, tapi lu turun ya”. Yudis mulai nyariin dompetnya diikutin cahaya lampu dari motor yang dibawa Aril.

Aril juga ikut nyariin, tapi kalo Aril ikut nyariin terus yang bawa motornya siapa. Tenang kan Aril berangkatnya bareng Hary, jadi yang bawa motornya Hary lah. Hayo, udah pada merinding ya. Setelah diteliti sampai ke ujung jalan tanah, hasilnya tetep nihil dan ekspresi yudis tetep sedih.

Kita nerusin perjalanan sampai dikolam, gua parker ditempat yang sama dan untungnya malam itu kolam berenangnya masih belum tutup. Yudis mulai nanyain ke penjaganya, saat itu orang yang jaganya satpam. Yudis ngejelasin kalau tadi kita belum sempet berenang, jadi kita cuman berdiri didepan kasirnya aja. Terus bapak satpamnya bilang dengan ekspresi meyakinkan, “Kalau dompetnya jatuh kekolam mah pasti ketemu”, suaranya makin berekspresi “kemarin aja ada kalung sebesar ini (dia nunjukin betuknya pake tangannya) ketemu terus kita simpen”.

Gua cuman bisa diem karena tadi Yudis udah bilang bahwa kita belum sempet berenang bapak, terus kenapa bapak malah ngebahas kalau dompetnya jatuh ke kolam. Kenapa bapak, kenapa. Karena diarea kolam berenang kita ga dapetin hasil apa-apa jadi kita putuskan untuk balik lagi kerusun dan coba cari dikamar barangkali keselip, pirasat gua saat itu mengatakan bahwa dompetnya masih ada dirusun.

Sesampainya dikamar, yudis dengan ekspresi yang sedih mulai nulisin satu persatu apa aja isi dompetnya. Gua saat itu duduk diatas kasur sambil berusaha nenangin yudis, yudis saat itu duduk diatas kasurnya juga, kasurnya yudis ada diseberang kasur gua ga seberapa jauh. Tiba-tiba yudis bilang dengan girangnya, “Kalau dompetnya ketemu gimana” katanya. “Ketemu yud, seriusan lo”, kata gua. “Ni” kata yudis sambil menunjuk kearah dompetnya. Ternyata dompet yang dari tadi kita cari keselip dibawah sprei kasurnya yudis waktu dia lagi beres-beres. Alhamdulillah deh kata gua, akhirnya dompetnya ketemu.

Padahal sebelumnya yudis udah bilang, “Yah, kesingaporenya gimana donk”, karena saat itu yudis pengen banget pergi ke Singapore dan kalau dompetnya hilang jadi gimana yudis bisa ngambil uangnya karena uangnya ada di ATM nya dan ATM nya ada di dompetnya. Tapi syukur sekarang dompetnya udah ketemu dan masalahnya udah selesai deh. Intinya “Kurangi kelalaian dengan menjadi anak yang rapih dan rajin”.

No comments:

Post a Comment